20 Jun 2013

Alat Pendeteksi HIV/AIDS - FKG UNEJ



Alat Pendeteksi HIV/AIDS - FKG UNEJ

UNEJ Kreatif - Kumpulan Mahasiswa Kreatif Universitas Jember









HIV/AIDS yang kita ketahui adalah penyakit seks menular yang belum memiliki obat penawarnya. Pendeteksian penyakit ini tentulah sangat penting untuk segera mencegah penyebaran serta untuk segera mendapatkan perawatan bagi penderita.

Tiga mahasiswa Universitas Jember tepatnya mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) membuat kajian literatur dengan judul "Inovasi Microfluidics Chip Berbasis Nucleic Acid Testing Sebagai Detektor Antibodi HIV-1 pada Gingival Crevicular". Kajian ini berguna untuk mendeteksi apakah seseorang menderita HIV atau tidak.

Kajian yang diprakarsai oleh Ahmad Syarifuddin, Alex Willyandre, dan Khoirul Anam ini berhasil menyabet juara pertama dalam ajang Literature Review dalam rangka Dentistry Scientific Meeting (DSM) VI 2012 pada 21 Juni oleh Universitas Indonesia.

Penggunaan Microfluidics ini tergolong mudah, seperti melakukan tes kehamilan sehingga dapat dilakukan oleh pasien sendiri. Ahmad Syarifuddin menjelaskan teknis dari penggunaan alat tersebut adalah dengan mengambil cairan gusi pasien dan menempelkannya pada Microfluidics Chip. Jika Microfluidic Chip berubah warna menjadi biru setelah ditetesi cairan gusi, maka dapat dipastikan pasien positif menderita HIV/AIDS.

Microfluidics Chip adalah alat temuan Prof. Samuel Sue dari Columbia University, Amerika Serikat. alat ini lebih sering digunakan sebagai alat tes penyakit kelamin dan penyakit lainnya. Alat ini dihargai satu dollar Amerika Serikat atau senilai dengan sepuluh ribu rupiah saja. Murah jika dilihat manfaatnya.

Harga yang terjangkau ini juga diikuti dengan kemudahan penggunaannya diharapkan dapat membantu membantu dunia medis untuk mendeteksi HIV/AIDS dengan cepat, mudah dan murah jika dibandingkan dengan metode pengambilan sampel darah yang hasilnya harus ditunggu paling tidak selama satu kali 24 jam.

“GO BLogger Indonesia, MajuTerus Mahasiswa Universitas Jember. Tunjukan terus kretivitasmu “

0 komentar:

Post a Comment