18 Jun 2013

Selai dan Sirup Dari Kulit Buah Naga - FAPERTA UNEJ



Selai dan Sirup Dari Kulit Buah Naga - FAPERTA UNEJ

UNEJ Kreatif - Kumpulan Mahasiswa Kreatif Universitas Jember









Novita salah seorang mahasiswa Fakultas Pertanian Uiversitas Jember berhasil menciptakan inovasi baru untuk buah naga. Novita memanfaatkan kulit dan isi buah naga menjadi produk khas Kota Jember seperti sirup buah naga, selai buah naga, dan manisan kulit buah naga.

Jember sebagai kota yang memiliki lahan pertanian dan perkebunan sangat luas menjadikan kota ini memiliki banyak sekali potensi yang dapat digali. Salah satunya adalah pemanfaatan pasca panen untuk komoditas Buah Naga, yang banyak dihasilkan di kawasan wisata Rembangan, Desa Kemuninglor-Kecamatan Arjasa.

Novita mengaku mendapatkan ide emas itu ketikan muncul banyanyak keluhan dari para petani buah naga di Desa Kemuninglor, karena buah yang dihasilkan para petani tersebut sering busuk setelah 3 hari pasca panen. Padahal hasil panen dari desa tersebut sangat melimpah. Oleh sebab itu Novita berinovasi dengan hasil panen buah naga tersebut. Dia memproduksi selai dan sirup buah naga dari sisa panen para petani buah naga. Sirup yang dibuatnya memiliki banyak kandungan pectin yang baik bagi saluran pencernaan dan mempermudah untuk buang air besar. Kandungan pectin itu berada pada pulp atau bulir buah naga . Sementara untuk produk Selai Buah Naga,ia juga memanfaatkan Kulit Buah Naga untuk tambahan pulp-nya. Sedangkan untuk aromanya, Novita menandaskan, menggunakan kayu manis yang merupakan aroma khas Indonesia.

Selain enghasilkan inovasi baru, hasil kreativitas novita juga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat daerah sekitar, karena saat ini prminatan pasar akan selai dan sirup buah naga semakin meningkat. Pemesanan tidak hanya dari daerah local jember, tapi juga dari luar daerah kabupaten Jember. Haraga jual setiap botal sirup dan seai buah naga cukup terjangkau yaiu berkisar anara Rp. 25.000,- – Rp. 30.000,-


“GO BLogger Indonesia, MajuTerus Mahasiswa Universitas Jember. Tunjukan terus kretivitasmu “

0 komentar:

Post a Comment