banner image

Penerapan Public Relations Telkomsel di Jember

Penerapan Public Relations Telkomsel di Jember

Di era pasar global seperti saat ini membuat berbagai perusahaan semakin bersaing ketat. Selain itu berkembangya teknologi informasi menjadikan Arus informasi yang tanpa batas. Oleh karna itu, tiap tiap perusaah harus memiliki strategi strategi kusus untuk mencapai tujan yang diharapkan. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan dalam suatu perusahaan adalah dengan penerapan public relation yang efisien dan efektif.

Apa itu Public Relation?
Public relation merupakan suatu cara bagaimana menciptakan komunikasi dua arah antara pihak pemberi pelayanan/pembuat produk dengan pelanggan/masyarakat umum. Sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan antara keduanya.

Nah, dalam posting kali ini saya akan membahas bagaimana Telkomsel menerapkan Public Relations tersebut di daerah Jember. Telkomsel adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang telekomunikasi yang melayani masyarakat luas yang menggunakan teknologi komunikasi. Dalam penerapan Public Relations di daerah Jember, Telkomsel memiliki target public sasaran eksternal yang terdiri dari pelanggan, komunitas atau masyarakat sekitar, pemerintah, dan media massa.

Bagaimana Penerapan Public Relations pada target public sasaran eksternal?

Public sasaran yang pertama adalah Pelanggan, inilah layanan terhadap pelanggan yang dilakukan oleh public relations Telkmsel :
  1. Memberikan apresiasi terahdap pengguna Telkomsel dengan memberikan ucapan selamat ulang tahun dll.
  2. Memberikan maintenance komunitas terhadap pelajar SMA, diantaranya adalan adanya school ID yang mempermudah pengguna Telkomsel di tingkat SMP dan SMA
  3. Memberikan maintenance komunitas outlet-outlet Telkomsel yaitu dengan mengadakan rafting bersama atau kegiatan outbond lainnya.
  4. Mengadakan dunia anak Telkomsel, yang mempunyai tujuan memanjakan pengguna Telkmsel agar bias lebih dekat dengan keluarganya.
  5. Untuk pelanggan yang diharapkan, Telkomsel mengadakan exhibition sehingga mereka dapat memperkenalkan produk mereka kepada khalayak ramai.

Public sasaran yang kedua adalah komunitas atau masyarakat sekitar, Telkomsel juga menunjukkan bahwa mereka juga peduli terhadap apa yang ada dan terjadi di sekitar mereka dengan melakukan :
  1. Memberikan bantuan kepada korban banjir di Situbondo agar mereka dapat sedikit terbebas dari penderitaan mereka.
  2. Mengadakan nikah missal bagi pasangan yang tidak mampu dan tidak memiliki biaya untuk melakukan pernikahan.
  3. Mendukung punuh acara acra yang diselengarakan oleh Komunitas atau Organisasi. Contohnya seperti event Pelatihan dan lomba blog UNEJ 2013 yang diadakan oleh HIMASIF dari PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI (PSSI) Universitas Jember
Telkomsel melakukan kegiatan ini dengan tujuan agar dapat membantu komunitas atau masyarakat  dan juga Telkomsel mendapatkan citra baik dari komunitas atau masyarakat  sehingga baik perusahaan maupun komunitas atau masyarakat  sama-sama mendapatkan dampak positif.

Public sasaran yang ketiga adalah pemerintah. Dalam hal ini Saya memberi contoh apresiasi Telkomsel dalam membantu pemerintah Jember, yaitu dengan mensponsori penyelenggaraan Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ) sehingga pelaksanaan BBJ dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Public sasaran yang keempat yaitu media massa, yang telah dilakukan Telkomsel adalah mengundang media massa pada tiap acara yang diadakan Telkmsel, agar kegiatan tersebut dapat dipublikasikan kepada khalayak ramai. Selain itu Telkomsel juga melakukan talk show di radio, diantaranya adalah Kiss FM dan radio Soka, hal ini bertujuan untuk melakukan Tanya jawab seputar kegiatan atau produk yang dimiliki oleh Telkomsel.

 Jadi kesimpulanya adalah penerapan public relation telkomsel di daerah Jember sudah sangat baik, hal tersebut terbukti dengan suksesnya event-event yang di dukung oleh telkomsel dan semakin lebarnya sayap telkomsel untuk menguasai pangsa pasar pengguna jasa telekomunikasi Khususnya daerah Jember. Karenanya publik relation dalam telkomsel dapat dijadikan sebagai salah satu parameter utama dalam hal publik relation oleh organisasi-organisasi lain yang sampai saat ini masih berharap untuk  mengembangkan organisasinya


“GO BLogger Indonesia, MajuTerus Mahasiswa Universitas Jember. Tunjukan terus kretivitasmu “

Penerapan Public Relations Telkomsel di Jember Penerapan Public Relations Telkomsel di Jember Reviewed by andre bhaskoro on 10 Juni Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.